5 Rahasia Kesalahan Social Media

Do you want to share?

Do you like this story?

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
Kamis tanggal 28 November 2013, saya dan tim Ednovate diundang oleh salah satu lembaga zakat nasional di Indonesia untuk memberikan pelatihan bagaimana untuk memaksimalkan social media yang mereka miliki untuk lebih memaksimalkan strategi marketing yang akan mereka lakukan di tahun 2014. Sebelum mulai melakukan pelatihan, saya mencoba melakukan audit untuk akun social media yang mereka miliki untuk melihat dan mengevaluasi aktivitas apa saja yang telah dan saat ini mereka lakukan di akun tersebut. Beberapa kesalahan yang saya dapatkan hampir serupa dengan yang saya dapatkan seperti beberapa akun lainnya yaitu :
 
[if !1. Cuma asal masuk ke social media
Maraknya orang yang menggunakan social media membuat banyak orang lainnya hanya ikut-ikutan untuk menggunakan social media untuk sebagai bagian  dari trend. Banyak dari mereka yang seringkali hanya membuat akun dan mengamankan nama usaha mereka namun setelah itu tidak di follow up lebih lanjut. Beberapa lainnya mencoba mengaktivasinya namun seringkali tidak konsisten dan tidak tepat gaya komunikasinya.
 
[if ! 2. Tidak menetapkan target
Target yang akan dicapai merupakan salah satu hal penting yang selalu saya & tim tekankan kepada klien kami. Hal ini merupakan standar yang ditetapkan oleh perusahaan besar. Namun yang sangat disayangkan, temen-temen UKM seringkali tidak menyadari hal ini, sehingga karena tidak ada target yang dikejar banyak yang hanya menjadikannya ‘let it flow’.
[i3. 3. Terlalu banyak jualan
Tujuan dari social media memang untuk dapat meningkatkan omzet dan profit usaha kita namun seringkali caranya kurang tepat. Prinsip dasar dari social media adalah ‘Share first, selling then’, namun banyak yang seringkali menukar hal ini. Kami biasanya menggunakan proporsi 80 : 20 untuk penggunaan content dimana sederhananya dalam 5 content, 4 diantaranya ialah content bermanfaat dan 1 content untuk menginfokan produk.
[if ! 4. Tidak konsisten
Konsistensi merupakan hal penting yang harus diterapkan di semua hal termasuk di social media. Bila Anda sebagai pengguna social media dan Anda melihat sebuah brand A muncul di timeline Anda selama 2-3 hari namun setelah itu brand tersebut menghilang dan baru muncul sekitar 2-3 bulan kemudian, apakah menurut Anda hal tersebut baik dan layak diikuti? tentunya tidak. Karenanya cobalah konsisten di Social Media.
[if ! 5. Tidak memiliki tim khusus
Suka atau tidak untuk membangun sebuah akun social media diperlukan investasi waktu dan biaya untuk membuat strategi ini bisa berjalan maksimal. Saya yakin banyak diantara Anda yang merupakan owner dari sebuah usaha sehingga waktu yang Anda miliki merupakan hal yang sangat berharga untuk memajukan usaha Anda saat ini. Oleh karena itu, kami selalu merekomendasikan jangan Anda yang melakukan hal teknis untuk social media ini, bangunlah tim khusus yang fokus mengurusi hal ini sehingga waktu Anda dapat digunakan untuk mengurusi hal-hal yang lebih strategis. Alternatif lain selain membangun tim internal, Anda juga dapat menggunakan penyedia jasa (agency) untuk membantu mendevelop akun social media dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.
Apakah Anda juga melakukan dari kelima poin di atas?


YOU MIGHT ALSO LIKE

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)