Ketika Pramuka Siaga Memainkan Musik Kecapi

Do you want to share?

Do you like this story?

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)

Sekelompok anggota Pramuka duduk bersila di depan alat musik sunda.  Jari – jari tangan mereka serempak memetik dawai yang terpasang dibagian atas benda itu.  Irama khas sunda pun melantun dengan harmonisnya
Tak hanya itu para Pramuka Siaga  yang berjumlah 15 orang ini sangat fasih melantunkan beberapa lagu sunda yang diiringi petikan alat musuk kacapi  secara serentak. Tentu saja ini mengundang decak kagum masyarakat yang menyaksikan diarea lapangan Sempur Bogor,  Kamis (24/10/2013).

Ke 15 anggota Pramuka  yang memainkan rampak kecapi ini adalah para siswa SDN Gunung Gede Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor, yang merupakan bagian pentas seni dalam kegiatan Perkemahan Sehari (Persari) yang digelar Kawartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor.

Persari yang mengusung tema “Budayaku Kulestarikan, Olahraga Tradisionalku Kukembangkan” kegiatannya dibagi dalam dua bagian. “Kedua bagian itu yakni keterampikan,  permainan tradisi dan budaya, “ kata  Waka Binamuda Kwaran Bogor Tengah Mohamad Wahyu.
Wahyu menjelaskan. untuk permainan tradisi diisi dengan lomba tradisional yakni lomba bakiak yang terbuat dari batok kelapa. Selain itu ada permainan egrang, menggambar dan memasang tenda.

Sedangkan pagelaran budaya, kata Wahyu,  diisi dengan pertunjukkan seni jaipongan dan rampak kecapi. “Persari merupakan  salah satu dari rangkaian kegiatan yang sudah diprogramkan gerakan Pramuka, “ kata wahyu.

Mengenai rampak kecapi, Wahyu yang juga Kepala SDN Gunung Gede mengatakan, rampak kecapi menjadi salah satu program SDN Gunung Gede.  “Ini menjadi program kami untuk lebih meningkatkan kecintaan anak didik terhadap seni sunda tradisi, “ ujar Wahyu.

Wahyu menambahkan, setelah Persari Kwaran Gegrakan Pramuka Bogor Tengah akan menhelat Kegiatan Keterampilan Pramuka (KKP) pada tanggal 7 dan 8 November serta musyawarah ranting pada tanggal 23 November mendatang.(yan)

YOU MIGHT ALSO LIKE

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)