Seminggu Diresmikan, Jembatan Senilai Rp 3 Miliar di Situbondo Ambrol

Do you want to share?

Do you like this story?

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
Situbondo - Hujan deras di kawasan hulu sungai Sampeyan Baru Situbondo menimbulkan kerusakan infrastruktur. Jembatan Limpas yang melintang di atas sungai dan menghubungkan Desa Siliwung Kecamatan Panji dengan Desa Kotakan Kecamatan Situbondo ambrol.

Hampir separo jembatan limpas itu jebol terkena hantaman material banjir dari hulu sungai. Ironisnya Jembatan Limpas yang dibangun dengan dana APBN 2013 senilai Rp 3 Miliar itu baru seminggu lalu diresmikan.

"Peresmiannya baru Minggu (1/12/2013) lalu, pakai acara fun bike melintas di atas jembatan," kata Antok, seorang warga kepada detikcom, Senin (9/12/2013).

Dari pantauan detikcom, ambrolnya Jembatan Limpas langsung mengundang perhatian warga. Hingga pukul 18.00 WIB ratusan warga terus berdatangan untuk melihat kondisi jembatan yang jebol. Sejumlah polisi dikerahkan untuk menghalau warga agar tidak mendekat ke konstruksi jembatan dan bibir sungai. Di saat bersamaan, debit air Sungai Sampeyan terus tinggi akibat guyuran hujan deras di wilayah Bondowoso.

Tingginya debit air menghanyutkan aneka material banjir mulai dari balok kayu, potongan bambu, sampah, dan lainnya. Kuatnya arus sungai membuat konstruksi sisi timur jembatan itu ambrol sepanjang belasan meter akibat terkena hantaman material banjir tersebut. Tak hanya itu, tanah di sisi kanan - kiri sisi timur jembatan juga mengalami longsor akibat tergerus arus sungai.

"Sebelumnya sudah saya sarankan agar sisi kanan dan kiri jembatan sisi timur itu dibangun tangkis dulu. Karena kondisi tanahnya labil. Lihat itu, sekarang sudah longsor. Dan, itu sangat mempengaruhi konstruksi jembatan," tandas Suriwan, Kepala Desa Siliwung.

Meski tak menimbulkan korban, ambrolnya jembatan limpas itu sekaligus memutus akses terdekat warga Desa Siliwung menuju Desa Kotakan dan Pusat Kota. Dengan tidak adanya jembatan, untuk mencapai kota kini warga harus berputar dengan jarak tempuh cukup jauh. Sebelum dibangun jembatan, warga sempat memfungsikan perahu rakit untuk menyeberang sungai.

Sekedar diketahui, Jembatan Limpas yang baru seminggu diresmikan itu dibangun menggunakan dana APBD 2013 senilai Rp 3 miliar. Volume keseluruhan jembatan mencapai hampir 150 meter. Namun, untuk ukuran antar bibir sungai, mencapai panjang 42 meter. Sebelumnya, material banjir juga sempat menyumbat sebagian jembatan. Namun segera dibersihkan hingga tidak sampai menimbulkan kerusakan.

Sumber : http://news.detik.com



YOU MIGHT ALSO LIKE

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)