Ini Tanggapan Kakanwil Kaltim Terkait Sipir LP Samarinda Pakai Narkoba

Do you want to share?

Do you like this story?

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)

Samarinda - Pegawai Lapas Kelas IIA Samarinda, Su, kini mendekam di sel tahanan Mapolresta Samarinda, dengan dugaan keterlibatannya sebagai sindikat pengedar narkoba. Sudah tertangkap karena dugaan narkoba, sipir tersebut kini terancam dipecat.

"Perilaku tidak terpuji petugas jadi perhatian semua. Jangan mencemarkan institusi karena ulah oknum," kata Kepala Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Kaltim, Leo Detri, kepada detikcom melalui telepon, Selasa (1/10/2013) malam.

Pasca ditangkap oleh kepolisian terkait keterlibatan Su, Leo menegaskan pihaknya telah melakukan evaluasi internal jajaran pemasyarakatan tidak hanya bagi Lapas Kelas IIA Samarinda, juga seluruh Kaltim termasuk Kaltara (Kalimantan Utara).

"Kita lakukan pembinaan internal ke dalam. Diduga memang Su yang memasukan itu (sabu) ke dalam Lapas. Dia seolah-olah sebagai kurir," ujar Leo.

Leo mengapresiasi proses hukum yang tengah berjalan di kepolisian. Menurut dia, melalui penyelidikan kepolisian, nanti akan diketahui kepastiannya hingga putusan pengadilan.

"Kalau sudah vonis terhadap dia (Su), sanksi-nya adalah pemberhentian Tidak Dengan Hormat. Ini peringatan keras bagi jajaran pemasyarakatan tidak hanya di Kaltim, bahkan se-Indonesia," tambahnya.

"Becermin dari kasus ini, petugas pemasyarakatan jangan bermain-main. Jangan menggunting dalam lipatan," tutupnya.

Seperti diberitakan, Satuan Reskoba Polresta Samarinda membongkar sindikat pengedar sabu yang diduga dikendalikan dari dalam Lapas Kelas IIA Samarinda. Barang bukti antara lain berupa 42,71 gram sabu, 12 telepon selular serta 2 buku tabungan, disitia petugas.

Lima orang tersangka AY, Bu, Fh, Rh dan oknum pegawai Lapas Samarinda, Su, kini mendekam di sel tahanan sementara Polresta Samarinda. Diduga kuat, Su, memasukan sabu dari luar ke dalam Lapas. Transaksi penjualan sabu yang dikendalikan dari dalam Lapas Samarinda mencapai 1 ons tiap bulannya.


Sumber : http://news.detik.com/

YOU MIGHT ALSO LIKE

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)