Alat EDM Untuk Menghitung Pergerakan Gunung

Do you want to share?

Do you like this story?

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)
Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memasang alat pemantau aktivitas gunung api berupa Electronic Distance Measurement (EDM) secara paten di Gunung Guntur, Selasa (8/10). Alat yang berfungsi untuk mendeteksi aktivitas dan perkembangan fisik Gunung Guntur ini sebelumnya dipasang dalam bentuk tripod di tiga titik, April 2013.
Alat yang dipasang di Pos Pemantauan akan menghitung pergerakan ketiga alat di Gunung Guntur sebagai target untuk menghitung pergerakan gunung. Hal ini pun bisa berkaitan dengan aktivitas kegempaan gunung terbesar di Garut tersebut.
“Yang jelas saat ini status gunung masih waspada. Warga diminta untuk tidak mendekati Gunung Guntur dengan radius dua kilometer dari puncak gunung. Permukiman dan tempat wisata masih aman,” kata Petugas Pos Pemantauan Gunung Guntur pada PVMBG, Aam Mahmud, Selasa (8/10).
Sejak status Gunung Guntur kembali meningkat dari Normal menjadi Waspada, Jumat (30/8), terjadi tiga kali gempa tremor, yakni pada 30 Agustus 2013 pukul 08.20-14.50. Gempa tremor kembali terjadi pada 13 September 2013 selama enam jam, dan pada 2 Oktober 2013 selama 2 jam.
Selama Agustus-Oktober 2013, ucapnya, aktivitas Gunung Guntur cenderung fluktiatif. Pada 16 September, terjadi lonjakan jumlah kegempaan, yakni gempa vulkanik dalam sebanyak 6 kali dan 22 gempa vulkanik dangkal. Pada 7 Oktober, terjadi 1 kali gempa vulkanik dalam dan 6 kali vulkanik dangkal. Sedangkan, gempa tektonik terus terjadi dengan kisaran 1-4 kali sehari.
“Kami terus memantau perkembangan aktivitas gunung api ini. Alat-alat untuk mendeteksi gerakan gunung sudah sangat canggih dan cukup lengkap. Petugas pos sedang ke gunung, memasang alat-alat refraktor pendeteksi aktivitas ini,” ucapnya.

Sumber : http://www.garutkab.go.id/

YOU MIGHT ALSO LIKE

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)

Advertisements

YOUR GOOGLE ADSENSE CODE HERE (300x250)